Dalam berbagai rangkaian elektronika komponen semikonduktor diodes sering kita jumpai jenis dan type yang berbeda beda tergantung dari model dan tujuan penggunaan rangkaian tersebut dibuat. Kata diodes berasal dari pendekatan kata yaitu dua elektroda yang mana (di berarti dua) mempunyai dua buah elektroda yaitu anoda dan katoda. Anoda digunakan untuk polaritas positif dan katoda untuk polaritas negative.



Didalam diodes terdapat junction (pertemuan) dimana daerah semikonduktor dan semi konduktor bertemu. Diodes semikonduktor hanya dapat melewatkan arus pada satu arah saja, yaitu pada sat diodes memperoleh catu arah maju (forward bias). Pada kondisi ini diodes dikatakan bahwa diodes dalam keadaan konduksi atau menghantar dan mempunyai tahanan dalam diodes relative kecil.


Sedangkan bila diodes diberi catu arah terbalik (Reverse bias) maka diodes tidak bekerja dan pada kjondisi ini diodes mempunyai tahanan dalam yang tinggi sehingga arus sulit mengalir. Dari kondisi tersebut maka diodes hanya digunakan pada beberapa pemakain saja antara lain sebagai penyearah gelombang (rectifier), disamping kegunaan-kegunaan lainya misalnya sebagai Klipper, Clamper , pengganda tegangan dan lain-lain.

Selengkapnya silahkan Download  Modul dioda dual

Tambahan Download juga Modul  Dasar Elektronika


.


0 comments:

Poskan Komentar

Kami menghargai saran anda untuk meningkatkan isi blog ini menjadi lebih baik

 
Free Education © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top